Lagi Bingung Mau Nulis Apa ?

Jumat, 04 Januari 2013

|
 sebenarnya lagi bingung mau nulis apa, tapi saya lagi mencoba membuat tulisan yang tidak disertai sebuah ide di tulisan ini. bisa gak ya ?

seringkali saya selalu mendengar " mau nulis tapi bingung apa yang mau ditulis " atau " mau nulis tapi idenya gak ada " biasanya saya mendengar itu dari temen - temen dan kadang di sela -  sela workshop yang saya ikutin.

dan jawabannya rata - rata " kalau ada ide di catet terus di depan laptop atau kompi di kembangin " atau " tulis saja maka jadilah sebuah tulisan "

bener, dan saya juga gak munafik. kadang - kadang saya berguman dalam hati mau nulis apa ya ? lagi gak ada ide nich ( biar alay dikit ) tapi kalau dipikir - pikir lebih baik tulis saja dulu ketimbang melamun dan tak sepatah kata pun tertulis.

makanya ada solusi gak nih biar bisa nulis tapi gak ada ide ? yuk, kita coba - coba hal - hal dibawah ini.

Dicatet.

apapun itu kalau ada ide yang terlintas di benak kita cobalah cepat - cepat di catet. kalau lagi diperjalanan mengendarai motor atau mobil. cobalah menepi dan catet di note hape. gak sulit kan ? saya juga gitu. kalau lagi dapat tema unik untuk ditulis langsung di catet. kalau dapat premis buat stand up comedy langsung di catet dan dikembangin.  walaupun kita harusnya sadar sebenarnya sih ide itu ada saja dimana - mana dan kita harus peka . kalau saya ingat sih dulu pernah ada yang berkata " ide itu kaya binatang liar, kalau gak di jinakin dia bakal hilang "

Twitter.

banyak yang bilang gak ada waktu atau ide buat nulis blog. tapi mereka sering berkicau di twitter. kenapa gak coba mem back up tulisan di twitter di blog ? saya sering loh mem back up kicauan saya di twitter di blog. nah, otomatis jadi postingan baru kan ? terus sudah banyak tuh kumpulan - kumpulan twit lucu, galau, atau apapun itu yang sudah menjadi buku seperti yang kita liat di toko buku. cobain deh.

Referensi.

biasanya saya sehabis mendengar lagu, membaca buku atau nonton film. pasti dapat ide. dan langsung saya kembangin. walaupun kadang - kadang sebagai contoh kalau abis baca buku Lupus biasanya tulisan saya ke Hilman - hilmanan atau abis baca buku Soleh solihun maka akan ke Soleh - solehan hhe.

Selalu ada waktu.

jangan bilang tidak ada waktu untuk menulis. ini selalu jadi alasan kenapa tidak menulis terus ujung - ujungnya ya tadi sama gak ada ide. saya selalu menyempatkan untuk menulis. biasanya larut malam sekali baru saya menulis. lagipula kan sekarang hape mulai canggih. ada aplikasi blog yang langsung bisa update tulisan lewat hape. jadi gak ada alasan lah seharusnya. wong katanya gak ada waktu tapi nyatanya sempat aja tuh ngetwitt :p

Tulis sajalah.

tulis sajalah. ntar lama - lama jadi tulisan juga. gak percaya ? tadi diawal tulisan saya bilang sebenarnya hari ini lagi bingung mau nulis apa, tapi nyatanya jadi sebuah tulisan kan :)


3 komentar:

Unknown mengatakan...

iya mas bener , daripada melamun saja mikirin ide yang tak kunjung datang , mending langsung tulis aja apapun itu
nice post

Unknown mengatakan...

nah langsung inget mau nulis apa

Unknown mengatakan...

nulis pengalaman!!

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Samarinda, Indonesia
Tulisan saya sudah diantologikan antara lain : Samarinda Bekesah (NulisBuku 2013) Samarinda Under Attack (leutikaprio 2013)

Karya Terbaru


Followers

hit counter

Website counter
Blogger Nusantara

Klik Indonesia